Jumat, 14 Desember 2012

Bahan Untuk Penelahaan Alkitab


MEMPERSEMBAHKAN HIDUP KEPADA ALLAH
(ROMA 12: 1 - 2)
Jika kita diperhadapkan dengan pilihan hidup yang menggairahkan/ menyenangkan hati saat itu kita memiliki dua pilihan yang akan menjadikan kontra/perlawanan di batin kita. Dalam situasi demikian ada orang yang mampu menghadapinya untuk bertindak mengambil keputusan, dan ada juga yang tidak mampu mengambil keputusan. Situasi seperti ini banyak membuat orang menderita, prustasi, bimbang dan terombang-ambing diantara dua pilihan itu.
Sebuah cerita: ada seorang hamba Tuhan, ia telah banyak menghabiskan waktu memberitakan Injil ke berbagai daerah dan negara. Ketika dia berada disebuah gereja dan berbicara kehidupan keluarganya, pertama ia katakan bahwa ia dikarunia 3 anak; 2 laki-laki, 1 perempuan. Anaknya yang tiga itu tinggal disebuah kota metropolitan untuk meraih ilmu (yang masih SMA dan SMP). Secara pemikiran bahwa perkembangan anak diusia yang demikian masih butu bimbingan dan arahan orang tua. Apalagi yang tinggal di kota metropolitan. Dikota yang sangat ramai penduduk, dan maju segala ilmu tekonologi pasti banyak tawaran-tawaran hidup menjadi kesenangan bagi kita, tetapi apa yang terjadi dalam kehidupan anak hamba Tuhan itu? Diantara mereka tak satu pun yang terpengaruh dengan kebiasaan buruk yang dilakukan orang-orang yang tinggal dikota. Mengapa? Karena hidup mereka telah dipersembahkan kepada Tuhan.  Sangkin terharunya, hamba Tuhan saat bercerita menetaskan air mata, dia melihat bahwa kehidupan anak-anak sekarang  (pemuda dan remaja) banyak yang terikat, jatuh pada kebiasaan-kebiasaan buruk, kepada perbuatan-perbuatan yang menghancurkan masa depannya misalnya: narkoba, minum minuman keras, merokok, pergaulan bebas. Boleh dikatakan bahwa hidupnya, tubuhnya dipakai untuk keinginan si iblis/ yang jahat.  Anak-anak muda sekarang menyerahkan hidupnya menuruti keinginan daging.
Mana yang anda pilih? Apakah anda memilih, hidup anda kamu jadikan pada perbuatan yang jahat atau keinginan dagingmu? Atau mempersembahkan hidupmu pada Tuhan sepenuhnya dan berjalan didalam kebenaran firman-Nya?. Dua pertanyaan ini selalu kita temukan dalam realita hidup. Tuhan memberikan dua pilihan ini bagi kita, jalan yang Tuhan sediakan ada dua; jalan sempit dan jalan lebar. Dengan jalan yang Tuhan berikan itu kepada kita diberi agar kita hidup dengan damai sejahtera, serta selamat dengan mempersembahkan hidup kita di dalam tangan-Nya.
Bahan diskusi kelompok
1.      Apa yang kamu ketahui tentang jalan sempit dan jalan lebar?
2.      Menurut anda megapa kita harus mempersembahkan hidup kita, dan merupakan ibadah bagi Allah?
3.      Sebutkan beberapa cara untuk memperbaharui hidup kita? (ayat 2)
4.      Cara apa yang anda lakukan untuk memulai hidup yang berkenan dihadapan Allah?
5.      Bagaimana cara kita mempersembahkan hidup kita agar berkenan kepada Allah?
Selamat bergumul dan berdiskusi, Syalom Amin


[1] Bahan Penelahan Alkitab (PA) yang ke-2 PNB HKI Paniaran, tanggal 14 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar